Langsung ke konten utama

Reskilling dan Upskilling Branding dan Digital Marketing - BMTI Cimahi

 Assalamualaikum teman-teman..

Kali ini aku bakal sedikit cerita pengalaman mengenai Re dan Upskilling yang diadain oleh BPPMPV BMTI Cimahi Jawa Barat. Sebenernya, sebelumnya berangkat, agak sedikit bimbang, akan berangkat atau nggak. Harus meninggalkan aktifitas dan rutinitas sehari-hari dan yang paling berat adalah meninggalkan bocil selama 3 minggu lamanya. First time ninggalin bocil 2,5 tahun ini agak lama Akhirnya bismillah karna ini kesempatan nggak tau bakal ada lagi, akhirnya aku ambil. 

Berangkat, Minggu 5 Februari, ambil kereta Argo Wilis jam 11.00. Sampai Stasiun Bandung jam 17.15. Dari Stasiun Bandung menuju Cimahi naik GoCar kurang lebih 30-40 menit. Check-in Wisma Waskita, Makan Malam dan menuju Kamar. Alhamdulillah dapat di lantai 2, naik tangga sekali aja wkwk

Re dan Upskilling ini menggunakan 3 skema, yaitu 2 minggu Diklat tatap muka, 2 hari Uji Kompetensi Keahlian dan  5 hari Magang Industri. Sebelumnya aku juga merasa agak cemas karena nggak tau apa yang akan dipelajari dan bagaimana cara belajar yang efektif. Namun, setelah beberapa sesi pembelajaran, aku merasa semakin nyaman dan menikmati setiap kegiatan yang ada.

Pengajar di datangkan dari pihak Industri yaitu Hexagon.inc, perusahaan ini bergerak di bidang Digital Marketing dan IT Support. Pengajar dikelas tentu sangat berpengalaman dan memiliki kemampuan untuk menjelasan materi dengan cara yang mudah dipahami. Alhamdulillah banyak ilmu yang kami dapat yang tentunya tidak didapatkan di sekolah hehehe...Selain itu juga pengajar memberikan banyak contoh dan kasus nyata yang sangat membantu untuk memperkuat pemahaman akan Branding dan Digital Marketing.

 

Materi yang didapat selama diklat Branding dan Digital marketing cukup "daging" bagi ku. Kita belajar membuat Content marketing, Mengelola Sosial Media, Content Calendar, Landing Page, Facebook Ads dan masih banyak lagi.

Saat Ujikom peserta diminta untuk mengerjakan project soal yang sudah disiapkan oleh industri. Selanjutnya hasil project itu di presesntasikan kaya ujian pendadaran hehe, jadi bisa ngerasain siswa kalau mau ujian UKK begini rasanya yaaa... (padahal dulu pernah ujian pendadaran sampai 2 kali) tapi tetep aja yaa, ada aja groginya wwkwk

Setelah prosesi ujikom selesai, peserta diklat melanjutkan step berikutnya yaitu Magang industri. Magang industri ini ditempatkan oleh BMTI, ada yang di Cimahi ataupun di luar Cimahi. (Bandung Jakarta dsb) yang sudah berkolaborasi dengan BMTI. Kali ini dikasih rejekinya Allah magang di Cimahi aja ehehe dapet kesempatan untuk magang di Hexagon.inc. Pengalaman Magang industri yang cukup mengena. Kami diajak untuk bertemu beberapa client dari Hexagon antara lain UNJANI (Universitas Jendral Ahmad Yani Cimahi), bertemu langsung dengan Prof Hikmahanto Rektor Unjani dan beberapa pihak Rektorat disana. Kami diajak tour de faculty, disambut dengan luar biasa oleh pihak Unjani. Kami juga sempat mengunjungi Produsen Sepatu di Bandung. Selain itu kami diajak untuk bertemu dengan pihak pers gedung Sate, daiajak memasuki Gedung sate dengan privillage khusus wkwk. Niat hati kalau ke Gedung Sate ketemu pak RK, tapi apa daya beliau sedang banyak agenda wkkw.

Selain belajar, aku juga mendapatkan kesempatan unutk bertemu dengan banyak guru-guru hebat dari berbagai daerah. Kami sering berdiskusi dan berbagi pengalaman dalam hal mengajar ataupun yang lain. Suasana kelas yang ramah dan tidak terlalu formal membuat kami nyaman satu sama lain, ceileeeehhh...


Alhamdulillah, tidak pernah berkekspetasi lebih kali ini tapi Allah kasih banyak banget disini, dikasih ilmu dan pengalaman yang luar biasa, teman-teman yang begitu solid satu sama lain dan bonus terakhirnya dapet Predikat Peserta Terbaik-2. Allahmdullilah Ala Kulli Hal.
Semoga ada kesempatan lain untuk mencari ilmu dan pengalaman di waktu, tempat dan kesempatan yang lebih baik lagi nantinya..


 

Kalau kalian pengen tau Diklat yang ada di BPPMPV-BMTI Cimahi kalian bisa akses ke : https://bbppmpvbmti.kemdikbud.go.id/main/


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kawah Putih, Situ Patenggang , Kebun teh Ciwidey Bandung

Kamis, 29 Oktober 2014 pukul 15.30  St. Kiara Condong Kereta kita berhenti di  salah satu stasiun besar di Bandung. Ya. Kiara Condong. Siapa yang tak kenal dengan stasiun ini. Stasiun yang telah memberikan beberapa kenangan bagi sebagian orang ini, masih saja terlihat ramai.  Kiara Condong, tandanya perjalanan kita dimulai dari Bandung. Bandung yang terletak di Propinsi Jawa Barat ini selain terkenal dengan gadis gadisnya yang cantik, Bandung juga  menawarkan berbagai tempat wisata, itulah kenapa kita memilih berlibur ke Bandung. Tujuan utama kita ke Bandung adalah kawah putih. 

Cagar Alam, Snorkling, Sunrise, Sunset Pangandaran

Sabtu, 1 Nopember 2014 pukul 01.30 a.m Dari terminal Cicaheum Bandung, bus kita mengantarkan kita ke terminal Banjar Jawa Barat. Dari Bandung ke Banjar kira kira memerlukan waktu 4 jam. Bis yang kami tumpangi menarik harga Rp 40.000/orang, iyaa Ekonomi. Sesampai dibanjar kira kira pukul 01.30an. dan kita langsung mencari Bis arah Pangandaran. Bis yang kami tumpangi dari Banjar - Pangandaran cukup nyaman untuk dipakai untuk sekedar merebahkan badan, tidak seperti bis yang kita tumpangi sebelumnya. Ya Jelas, adanya cuma Patas dan harganya lumayan cukup mahal untuk ukuran Banjar-Pangandaran, tapi kenyamannanya bisa dijamin xD. Kita harus membayar Rp 30.000/orang. Sampai di Terminal Pangandaran sekitar pukul 03.15 dan tak jauh dari situ ada Masjd Besar Pangandaran. Ternyata tak sedikit yang disitu untuk beristirahat. Kami beristirahat sembari menunggu kumandang adzan subuh. Sekitar pukul 05.30 kami jalan menuju Pantai Pangandaran. Dari Terminal menuju Pantai, lumayan jauh sekitar 500